Cita Rasa Kwetiau Indo Mandarin Hayam Wuruk


Bagi Kamu pecinta kuliner mandarin, pasti sudah tidak asing lagi dengan sajian kwetiau. Ya, makanan yang mengombinasikan mie beras dan rempah-rempah ini mudah ditemui di mana saja.

Bahkan, nyaris semua pedagang nasi goreng mampu membuat sajian kwetiau yang lezat. Lebih menariknya lagi, kwetiau khas tanah air memiliki ragam yang cukup banyak, mulai dari kwetiau Medan hingga kwetiau Pontianak dengan topping berupa kepiting.



Hanya saja, meski cukup beken di Indonesia, nyatanya sajian kwetiau justru datang dari Negeri Tirai Bambu, Cina. Masuknya warga etnis Tionghoa ke Indonesia pada ratusan tahun yang lalu menjadi awal penyebaran kwetiau bersamaan dengan kuliner mandarin lainnya.

Sering disebut sebagai char kway teow, kwetiau merupakan kuliner yang disajikan oleh para nelayan dan petani pada malam hari. Target mereka adalah buruh lokal, sehingga kwetiau termasuk kuliner yang sangat terjangkau.

Lokasi Kwetiau Hayam Wuruk



Di Cina sendiri, terdapat dua jenis kwetiau yang berbeda berdasarkan etnisnya. Yaitu kwetiau khas Hokkian dan Tio Ciu. Jika kwetiau Hokkian identik akan lauk seperti bakso ikan dan sosis babi, kwetiau Tio Ciu siap memanjakan MALEnials dengan daging sapi dan jeroan.

Begitu mulai masuk ke Indonesia, orang-orang Tionghoa berusaha agar kwetiau dapat berbaur dengan budaya lokal, terlebih mayoritas masyarakat di sini adalah muslim. Sehingga, campuran daging babi di dalam kwetiau diganti oleh suwiran ayam maupun potongan daging sapi dan ati ampela.

Saking terkenalnya di Indonesia, banyak kedai kwetiau yang berkembang cukup pesat. Salah satu yang populer adalah kedai Kwetiau Akang Medan.

Terkenal karena kekenyalannya, Kwetiau Akang Medan siap memanjakan lidah Kamu dengan berbagai macam topping. Mulai dari udang, bakso, dan irisan daging sapi. Kalau belum puas, Kamu juga bisa coba sajian lain yang rasanya bisa bikin Kamu ketagihan.

Aroma rempah yang keluar dari bumbu menjadi alasan Kwetiau Akang Medan digemari banyak orang. Kamu bisa temui kedai ini di jalan Sultan Iskandar Muda, Jakarta Selatan.

Tempat lain menikmati kwetiau di ibukota, silahkan Kamu kunjungi Kwetiau Sapi 78 Mangga Besar, Kwetiau Akang Muara Karang, Kwetiau Sapi A-Chai Tanjung Duren, dan Kwetiau Sapi Hayam Wuruk 61.

Comments

Popular Posts