Surga di China Selatan Bernama Pulau Hainan


Hainan adalah pulau kecil di bagian selatan China. Walaupun pulau ini kecil, Hanian punya pantai cantik yang mirip dengan hawaii. Alhasil, Hainan dijuluki sebagai Wahaii-nya China. Karena keindahannya itu pula, Hainan telah punya banyak penggemar dari berbagai belahan dunia.

Punya luas sekitar 34.000 kilometer persegi dan hamparan pantai sepanjang 34.438 kilometer persegi, pulau Hainan tidak hanya punya pemandangan pantai yang indah, tapi juga punya hutan hujannya yang masih terjaga dengan baik. Sehingga pulau ini bebas dari polusi.


Bahkan, Hainan juga menjadi destinasi wisata cerdas. Di mana Hainan menyediakan jaringan 4G secara menyeluruh dan akses Wi-Fi di 95 persen tempat wisata. Di sana, akses antar-tempat bisa ditempuh menggunakan bus ataupun kereta cepat. Kamu bebas berjalan kaki di trotoar dengan tata kota yang sangat apik.

Pulau Hainan Mirip dengan Indonesia

Menariknya, terdapat pula sejumlah lokasi yang ramah pelancong Indonesia. Desa Bali di Kabupaten Xin Long misalnya. Kamu yang bertandang ke sana bisa menjumpai candi Bentar khas Bali, dengan suasana pedesaan mirip Bali. Tanaman khas Indonesia seperti nangka dan belimbing pun tersedia.

Kamu juga bisa belajar membuat kue semprong, hingga menikmati kesenian Tanah Air dari panggung hiburan. Usut punya usut, Desa Bali dulunya merupakan penampungan warga Tionghoa dari negara-negara Asia Tenggara, termasuk Indonesia yang budayanya amat kental.

Selain itu, Kamu bisa mengunjungi Binglanggu Li & Miao Cultural Heritage Park di Sanya. Lokasi tersebut merupakan pemukiman Suku Li dan Miao yang mirip suku Dayak di Kalimantan.


Masih di Sanya, menukil situs resmi pariwisata Hainan, salah satu pantai cantik yang wajib Kamu kunjungi adalah Yalongbay. Pantai berjuluk surga di bawah langit itu, termasuk pantai-pantai lain di Hainan, punya daya tarik kelas dunia yang diklaim sebagai "Hawaii-nya Tiongkok".

Dekat dari Yalongbay, ke arah barat daya, ada satu dari enam lokasi menyelam legal di Hainan. Namanya Baifu Bay. Titik selam di Baifu Bay punya jarak pandang bawah laut antara 18-30 meter. Meski jauh dari daratan dan hanya bisa diakses dengan perahu, pemandangannya berkesan dengan beragam karang lunak dan biota laut nan indah.

Untuk Kamu yang gemar berselancar bisa mengunjungi Sun and Moon Bay, dan yang suka bertualang bisa menjelajah bukit Baishi Ridge.



Dibalik keindahan pulau Hainan, ternyata punya sejarah panjang. ratusan tahun silam, Hainan jadi tempat pembuangan bagi siapa saja yang menentang kekaisaran China. Lalu pada tahun 1900-an, Hainan jadi tempat pengasingan tahanan politik.

Lokasinya yang berada di lepas pantai dari daratan China dan dikelilingi laut, benar-benar membuat para tahanan terisolasi dari dunia luar. Terlepas dari sejarah panjangnya tersebut, destinasi di selatan China ini tetap menajdi destinasi favorit bagi wisatawan mancanegera.

Comments

Popular Posts